Cara - Cara mereset BIOS pada komputer

0 komentar

  1. apabila anda ingin melakukan reset BIOS hal pertama yang mesti dilakukan adalah mematikan semua arus listrik yang masuk kedalam motherboard. hal ini bisa dengan cara mematikan power supply atau mencabut aliran listrik yang masuk ke power supply. Untuk lebih memastikannya anda dapa mencabut 24-pin power cable dari power supply untuk mencegah arus statis mengalir ke dalam motherboard.
  2. setelah mematikan arus listrik, tunggu beberapa saat untuk memberikan jeda arus listrik telah hilang. setelah itu, cari jumper ataupun tombol Clear CMOS, dengan memindahkan jumper ataupun menekan tombol Clear CMOS, BIOS akan kembali ke settingan optimal.
  3. setelah beberapa saat, kembalikan jumper Clear CMOS ke posisi semula dan rangkai kembali komputer anda seperti semula. kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali, maka settingan komputer anda akan kembali kesetting default. jangan lupa pastikan andah telah mengembalikan jumper Clener CMOS ke posisi default sebelum merangkai kembali komputer anda. Karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada sebagian motherboard saat arus listrik masuk.
  4. Apabila BIOS tidak berhasil kembali ke kondisi default setting. kembali ke point pertama dan kali ini lakukan dengan mencopot beterai pada motherboard. jangan lupa, pastikan tidak ada arus listrik yang mengalir pada motherboard. setelah beberapa saat, kembalikan seperti semulah dan rangkai kembali. (Pada sebagian distributor akan memberikan label garansi pada bata bagian baterai, jangan lakukan pelepasan baterai karena akan menghilangkan garansi motherboard Anda
  5. apabilah cara di atas masih tidak berhasil juga. Lakukan langkah dari point pertama seperti sebelumnyah, namun kali ini coba dengan melepas semua kabel power yang terhubung pada motherboard dan melepas memori. diamkan beberapa saat hingga arus listrik benar-benar hilang. disamping itu pula, Anda dapat melakukan pembersihan pada komponen komputer anda yang telah berdebu.
  6. apabila ternyata masi belum berhasil juga, cobalah cara yang terakhir yaitu dengan melepas semuah komponen yang terpasang pada motherboard, termasuk melepas prosesor dan memindahkan jumper ke posisi Clear CMOS. diamkan selama 30 menit dan rangkai ulang kembali. apabila caraini masih belum berhasil, andah boleh mulai khawatir terjadi kerusakan pada salah satu hardware anda.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. Akriz'Z - All Rights Reserved
Design : AK Template | Akram Berbagi - Powered by Blogger