Mengklasifikasikan faktor – faktor yang mempengaruhi belajar menjadi dua yaitu
faktor yang berasal dari luar diri siswa dan faktor yang berasal dari dalam
diri siswa. Disiplin turut Perpengaruh terhadap hasil belajar.
Hal ini dapat terlihat pada siswa yang memiliki disiplin yang tinggi akan
belajar dengan baik dan teratur dan akan menghasilkan prsetasi yang baik pula.
Demikian sebaliknya faktor – faktor belajar turut berpengaruh terhadap tingkat
disiplin individu.Hal ini dapat dilihat dari penjelasan faktor – faktor yang
mempengaruhi belajar, yaitu sebagai berikut :
1. Faktor yang berasal dari luar diri siswa
Faktor dari luar dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a. Faktor non – sosial, seperti
keadaan uadara, suhu udara, waktu, tempat dan alat – alat yang dipakai untuk
belajar. Siswa yang memiliki tempat belajar yang teratur dan memiliki buku
penunjang pelajaran cenderunglebih disiplin dalam belajar. Tidak kalah
pentingnya faktor waktu, siswa yang mampu mengatur waktu dengan baik akan
belajar secara terarah dan teratur.
b. Faktor sosial, terdiri atas lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan kelompok.
Siswa yang tinggal dalam lingkungan yang tertib tentunya siswa tersebut akan
menjalani tata tertib yang ada di lingkungannya. Seorang guru yang mendidik
siswa dengan disiplin akan cenderung menghasilkan siswa yang disiplin pula.
2. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa
Faktor yang berasal dari dalam diri siswa dibagi menjadi dua yaitu:
a. Faktor fisiologis, yang termasuk dalam
faktor fisiologis antara lain, pendengaran, penglihatan, kesegaran jani,
keletihan, kekurangan gizi, kurang tidur dan sakit yang di derita. Faktor
fisiologis ikut berperan dalam menentukan disiplin blajar siswa. Siswa yang
tidak menderita sakit cenderung lebih disiplin dibandingkan siswa yang
menderita sakit dan bdannya keletihan.
b. Faktor Psikologis, yang dapat mempengaruhi
proses belajar antara lain:
1. Minat
Minat sangat besar pengaruhnya terhadap prsetasi belajar. Seseorang
yang tinggi minatnya dalam mempelajari sesuatu akan dapat meraih
hasil yang tinggi pula. Apabila siswa memiliki minat yang tinggi
terhadap pelajaran akan cenderung disiplin dalam belajar.
2. Bakat
Bakat merupakan faktor yang besar peranannya dalam proses belajar.
Mempelajari sesuatu sesuai dengan bakatnya akan memperoleh hasil
yang lebih baik.
3. Motivasi
Motivasi merupakan kondisi psikologis
yang mendorong seseorang
untuk melakukan sesuatu. Fungsi motivasi dalam belajar adalah untuk
memberikan semangat pada seseorang daam belajar untuk mencapai
tujuan.
4. Konsentrasi
Konsentrasi dapat diartikan sebagai suatu pemusatan energi psikis
yang dilakukan untuk suatu kegiatan tertentu secara sadar terhadap
suatu obyek (materi pelajaran).
5. Kemampuan kognitif
Tujuan belajar mencakup tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan
psikomotor. Namun kemampuan kognitif lebih diutamakan, sehingga
dalam menacapai hasil belajar faktor kemampuan kognitif lebih
diutamakan.
Faktor eksternal dan internal tersebut memiliki peranan yang
sangat penting dan sangat diperlukan daklam belajar. Untuk mencapai
hasil yang optimal dalam proses belajar, maka dituntut adanya
keseimbangan di antara keduanya. Jika salah satu faktor tersebut ada
kekurangan akan berpengaruh pada hasil belajar yang dilakukan.
0 Response to "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN DALAM PROSES PENDIDIKAN"
Posting Komentar
eretamini.com pabrik kereta mini no 1. ready stock - CV Anugrah Jaya merupakan suatu perusahaan pem...